PayTren Asset Manajemen Luncurkan Reksadana Syariah

PayTren Asset Manajemen (PAM), Perusahaan manajer investasi syariah pertama di indonesia, meluncurkan dua produk Reksadana Syariah di Bursa Efek Indonesia pada hari senin 4 Desember 2017 

Dua produk reksa dana syariah tersebut alhamdulillah sudah mengantongi izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bernomor KEP-49/D.04/2017 pada tanggal 24 Oktober 2017. Adapun dua produk yang diluncurkan PAM adalah Reksa Dana Syariah PAM Syariah Saham Falah dan Reksa Dana Syariah PAM Syariah Likuid Dana Safa.

Menurut Direktur Utama PAM, Ibu Ayu Widuri “Sekarang ini masih dalam tahap penawaran produk sebelum Nilai Aktiva Bersih (NAB) ditentukan dalam 1-2 hari kedepan”

Reksa Dana Syariah PAM Saham Dana Falah adalah investasi untuk mendapatkan imbal hasil dalam jangka panjang melalui alokasi strategis yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di Pasar Modal untuk memperoleh nilai Maslahah.

Pembelian Reksa Dana dilakukan melalui No Rek Virtual Account di PT Bank CIMB Niaga Tbk atau dapat melalui fitur Reksa Dana Online (PayOr) yang tertera dalam website www.paytren-am.co.id dengan minimal investasi awal yakni 100.000 rupiah

Direktur Bursa Efek Indonesia ( BEI ), Pak Niki Hogan, menyatakan peluncuran produk reksa dana PAM tersebut merupakan hari bersejarah bagi pasar modal di Indonesia.

“Reksa dana syariah sudah biasa tapi kali ini diluncurkan Paytren Aset Manajemen sebagai manajer investasi syariah pertama di Indonesia,” ujar Pak Niki dalam sambutannya.

Wakil Ketua Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI), Pak Adiwarman Karim, mengatakan berdasarkan cacatan dari DSN-MUI, Paytren Aset Manajemen menjadi manajer investasi pertama yang menerapkan prinsip syariah secara utuh.

“DSN MUI berharap mudah-mudahan apa yang dilakukan Paytren Aset Manajemen dapat memperluas basis investor sehingga kepercayaan dari masyarakat luas lebih banyak lagi,” ucapnya

Contoh sederhana memahami reksadana

Untuk Pemula, Beginilah Cara Kerja Investasi Reksa Dana dan Simulasinya Secara Sederhana. Masyarakat Indonesia makin melek investasi dari hari ke hari. Salah satu instrumen investasi yang kerap kita dengar adalah reksa dana.

Apa Itu Reksadana?

Kalau menurut  Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 sih, reksa dana adalah wadah yang digunakan masyarakat untuk menghimpun dana. Nah, dana ini lantas dikelola sebagai investasi oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Adapun portofolio efek adalah kumpulan surat berharga, seperti saham, obligasi, deposito, dan lain-lain.

Kelebihan yang dimiliki oleh reksa dana adalah adanya diversifikasi investasi. Artinya, investasi dipecah ke beberapa instrumen. Contohnya, reksa dana saham. Investasi ini harus ditanamkan ke beberapa perusahaan, ga cuma satu perusahaan.

Jadi, jika nilai saham suatu perusahaan turun, ga seluruh investasinya yang merugi. Pasalnya, mungkin saja saat bersamaan nilai saham perusahaan lainnya malah naik. Dengan begitu, jelas dong bahwa risiko investasinya lebih minim?

Cara Kerja Reksadana

Seperti dijelaskan di atas, risiko investasi reksa dana relatif lebih kecil. Tapi, bukan cuma itu yang bikin produk ini populer. Reksa dana itu gampang diakses oleh masyarakat. Return atau imbal baliknya pun terbilang cukup besar. Produk ini bisa dibeli di lembaga pengelola dan penerbit produk reksa dana. Atau, manajer investasi dan bank yang bekerja sama dengan manajer investasi.

Saat ini sudah banyak bank yang memiliki izin sebagai agen penjual reksa dana. Salah satu kelebihan investasi reksa dana lewat bank adalah adanya fasilitas autodebet dari rekening tabungan, sehingga nasabah gak perlu repot dalam melakukan transaksi pembelian reksa dana.

Lanjut lagi, urutan cara kerja investasi reksa dana secara garis besar:

Manajer investasi menghimpun dana dari nasabah. Total dana yang dihimpun diinvestasikan ke sejumlah instrumen investasi sesuai dengan kesepakatan dengan nasabah. Nasabah menerima laporan investasi dari manajer investasi tentang dananya yang di investasikan secara berkala. Isinya seputar: kinerja produk, komposisi aset, portofolio efek.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Nilai Aktiva Bersih (NAB).
  • Unit Penyertaan (UP)
  • Transaksi reksa dana diproses berdasarkan NAB per UP yang di informasikan lewat media massa.

Namun, Banyak orang yang keliru mengira NAB adalah harga reksa dana. NAB adalah jumlah dana yang dikelola dalam suatu reksa dana. NAB inilah yang dipecah-pecah ke dalam instrumen investasi yang dikelola reksa dana itu yang disebut sebagai Unit Penyertaan (UP).

Simulasi Reksa Dana

Untuk lebih memperjelas cara kerja reksa dana, berikut ini adalah simulasi sederhana perhitungan imbal balik investasi reksa dana.

Misalnya Anda membeli reksa dana ABC senilai Rp 100.000 ketika NAB per UP 1.000. Artinya, Anda mendapatkan Rp 100.000/ 1.000 = 100 UP

Jika dua bulan berikutnya NAB per UP reksa dana ABC naik menjadi 1.200 dan Anda menjual seluruh UP-nya, anda akan mendapat 1.200 x 100 UP = Rp. 120.000

Maka dalam 2 bulan, anda sudah meraup keuntungan Rp. 120.000 – Rp. 100.000 = Rp. 20.000

Tapi jika NAB per UP turun jadi 900 dan Anda menjual seluruh unitnya, anda akan menderita kerugian  900 x 100 UP = Rp. 90.000 artinya Rp. 90.000 – Rp 100.000 = – Rp 10.000

Untuk diingat, hasil perhitungan imbal balik ini masih dikurangi sejumlah biaya, antara lain Biaya pembelian unit penyertaan (subscription fee)

  • Biaya pengalihan unit penyertaan (switching fee)
  • Biaya penjualan kembali unit penyertaan (redemption fee).

Transaksi reksa dana oleh manajer investasi sangatlah transparan karena bisa diakses melalui Fund Fact Sheet. Jika merasa kurang jelas, kita bisa menghubungi manajer investasi terkait untuk meminta penjelasan lebih detail.

Daftar manajer investasi yang terdaftar di Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam) ada di situs lembaga resmi milik negara itu.  Begitu juga dengan daftar bank yang telah mendapat lisensi agen penjual reksa dana

Jadi jutawan dalam 10 Bulan. Mau ?

Kami tau caranya, anda tinggal menjalankan systemnya!

***Syarat dan ketentuan berlaku

Terimakasih sudah subscribe

Bantu #Share Yah

Supaya semakin bermanfaat bagi orang lain. Terimakasih ^ ^

WhatsApp chat